Sabtu, 09 Januari 2010

Tuff

Yuk share ke teman

Kamu suka artikel ini?

tuff (dari bahasa Italia "tufo") adalah tipe dari bebatuan yang mengandung debu vulkanik yang dikeluarkan selama letusan gunung berapi. Tuff tidak boleh disamakan dengan tufa, karena tuff dan tufa berbeda.

Tuff yang dipateri adalah suatu batu karang pyroclastic, tentang segala asal , yang panas pada ketika pemecatan untuk mengelas jadi satu. Pada hakekatnya, jika batu karang berisi berserak fragmen pea-sized atau fiamme di dalamnya, itu disebut suatu lapilli-tuff dipateri. yang dipateri Tuffs ( dan memateri lapilli-tuffs) dapat asal jatuhan radio aktif, atau menyimpan dari arus kepadatan pyroclastic, seperti di kasus ignimbrites. Selama pengelasan, gelas/kaca shards dan fragmen batu apung melekat bersama-sama ( pelukan pada kontak titik), mengubah bentuk, dan ringkas bersama-sama, menghasilkan a ' pabrik eutaxitic' ( lihat gambaran dan membandingkan dengan pohon dengan kayu keras membentuk tuff tidak dipateri).



Ignimbrites yang dipateri dapat sangat besar, seperti Teluk Lahar Tuff meletus dari Yellowstone Caldera di Wyoming 640,000 tahun yang lalu. Teluk Lahar Tuff dikenal sebagai sedikitnya 1000 kali sama besar seperti deposito Mei 18, 1980 letusan Gunung St. Helens, dan itu mempunyai suatu Explosivas Volkanis Index ( VEI) tentang 8-- lebih besar dari manapun letusan mengenal 10,000 tahun yang lalu. Intensitas mengelas boleh ber/kurang ke arah garis tepi yang bagian atas suatu deposito, boleh berkurang ke arah area di mana deposito adalah bahan pengencer, dan dengan jarak dari sumber. Tuff yang dipateri komposisi biasanya rhyolitic, hanyalah contoh semua komposisi dikenal.

Tujuan petrographical tuffs biasanya digolongkan menurut sifat alami batu karang yang volkanis yang mana mereka berisi; ini mungkin sama halnya lahar yang menemani jika ada pancaran suatu letusan, dan jika ada suatu perubahan di lahar yang mana dituangkan, tuffs juga menandai adanya ini dengan jelas. Rhyolite tuffs berisi pumiceous, fragmen seperti kaca dan scoriae kecil dengan kwarsa, alkali feldspar, biotit, dan lain lain Islandia, Lipari, Hungary, dan Cakupan Barat daya Amerika, dan Selandia Baru adalah di antara area seperti tuffs terkemuka. Batu apung yang patah harus jelas dan isotropis, dan partikel butir sangat kecil biasanya mempunyai crescentic, sickle-shaped, atau garis besar bikonkaf, menunjukkan bahwa mereka diproduksi oleh penghancuran suatu vesicular kaca, kadang-kadang uraikan seperti ash-structure. Fragmen Kaca yang kecil memperoleh dari batu apung patah disebut shards; kaca shards siap mengubah bentuk dan mengalir ketika deposito cukup panas, seperti ditunjukkan gambaran dari tuff dipateri yang menemani .


Gambaran Mikroskop [Cahaya/ ringan] tuff ketika dilihat di bagian tipis ( dimensi adalah beberapa mm). Bentuk yang dibengkokkan dari kaca diubah shards ( fragmen pohon dengan kayu keras) adalah awet, walaupun kaca sebagian diubah.





Gambaran Mikroskop tuff ketika dilihat di bagian tipis (panjang dimensi adalah beberapa mm). Bentuk yang dibengkokkan dari gelas/kaca diubah shards ( fragmen pohon dengan kayu keras) adalah awet, walaupun gelas/kaca sebagian diubah. Bentuk telah dibentuk sekitar gelembung water-rich gas.






YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

Advertisements